Pimpin Apel Kasatkamling, Kapolres Kutim : Mari Bersama Jaga Kamtibmas

 


Kutim – Polres Kutai Timur Polda Kalimantan Timur menggelar Apel Kasatkamling secara serentak untuk tingkatkan Harkamtibmas pada lingkungan masing-masing Kampung menuju kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam rangka HUT Bhayangkara ke 77 di halaman Mapolres Kutai Timur, Rabu (21/6/2023) pagi.

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Kutai Timur AKBP Ronni Bonic, S.I.K, M.H dan diikuti oleh seluruh jajaran PJU Polres Kutai Timur serta undangan dari Muspida Kabupaten Kutai Timur, dan peserta apel Satkamling.

Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa, ucap Kapolres.

Lanjutnya, Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, Kehadirannya diharapbkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Hal ini tentunya menjadi nilai penting kehadiran Satkamling itu sendiri, karena anggota Satkamling baik ketua maupun pelaksananya adalah masyarakat setempat dimana mereka berdomisili. Sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama

“Program ini juga bertujuan untuk merevitalisasi Satkamling dari kondisi pasif menuju aktif sehingga semua elemen masyarakat mampu berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban,”jelas Kapolres Kutim

Kapolres berharap dengan adanya Apel Besar Satkamling akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam ikut serta berpartisipasi di bidang keamanan. Selain itu, dapat menumbuhkan sikap mental, kepekaan dan data tangkal masyarakat dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang aman, damai dan kondusif.

Usai Apel Besar Satkamling, Kapolres Kutim memberikan Piala dan penghargaan kepada para pemenang Lomba Sat Kamling di wilayah Kutai Timur.

Comments

Popular posts from this blog

Brimob Kaltim Batalyon A Pelopor Bantu Evakuasi Material Longsor di Kampung Baru Ilir

Masyarakat Pesisir dan Nelayan Diimbau Waspadai Erupsi Gunung Anak Krakatau

Quick Respon, Brimob Polda Kaltim Bantu Evakuasi Warga Gantung Diri di Balikpapan